MENGAJAR GAYA MOTIVATOR


MENGAJAR GAYA MOTIVATOR


Resume pada kelas Menulis Online gelombang 7 Grup WA dengan Om Jay
Nara Suber: Bapak Aris Ahmad Jaya, DVM.M.M
Tema         :Mengajar Gaya Motivator



Bapak Aris Ahmad Jaya,DVM.M.M adalah motivator, trainer serta coach di sekola-sekolah unggul di Indonesia.
lahir di Pati 23 Februari 1974 . Pernah di terima di dua universitas ternama di Indonesia tanpa tes yaitu di Institut Pertanian Bogor ( IPB ) dan Universitas Gajah Mada ( UGM ) . Aris Ahmad jaya menyelesaikan gelar Dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan meraih gelar Magister Manajemen di UIKA Bogor tahun 2015 .
Beliau juga merupakan pendiri sekaligus CEO di lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak di bidang motivasi dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia serta lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia.
Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan beberapa karya buku best seller diantaranya buku 30 HARI MENCARI JATI DIRI yang telah terjual lebih dari 45.000 eksemplar , LOVE TOUCH PARENTING , QUOTES Auto Sugesti Power, Endorphine Teacher , SPIRIT of SUCCESS dan buku lain.
Telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia seperti SUKSES ILMU, SUKSES KARAKTER, SUKSES MASA DEPAN untuk Para Siswa , LOVE TOUCH PARENTING bagi para Orang Tua serta MENGAJAR GAYA MOTIVATOR bagi para Guru dan Pendidik.
Sudah banyak sekolah-sekolah unggul yang telah bersinergi dengan beliau.

Materi pada malam hari ini sangat diperlukan oleh guru, dimana pada momentum dimana siswa/siswi sedang belajar dirumah,  guru juga diharapkan belajar kembali untuk lebih banyak menggali kemampuan diri agar memiliki seni untuk dicintai dan dirindukan sehingga pembelajaran menarik dan menjadi insfirasi untuk siswa/siswi nya.

Program Mengajar Gaya Motivator atau MGM ini telah dihadiri oleh lebih dari 1000 audiens termasuk Guru yang sudah merasakan manfaat luar biasa. dengan gaya mengajar motivator ini diharapkan dapat memotivasi dan menginfirasi banyak guru untuk menjadi pribadi guru guru yang dicintai, dirindukan, menginsfirasi dan menjadikan murid-murid mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda bawamenyenangkan, Sehingga menjadikan anak didik mencintai guru sebelum mencintai pelajaran yang  berikan.



Pertanyaan 1
Slmat Mlm Pak Aris. Bgmna memotivasi anak didik yang bandel, kurang tenang dalam ruang belajar, senang ganggu teman. Bagaimana mangatasi sikap saperti ini? Terima kasih.

Jawab:
Biasanya anak demikian pada dasarnya kurang tertarik belum menemukan cara belajar yang tepat untuk dirinya.Guru harus mampu memahami gaya-gaya belajar anak dengan bermacam kemampuan.


Pertanyaan 2
Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat. Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai  guru BAYAR dan guru NYASAR

Jawab
Semua guru berpotensi menjadi guru sadar tergantung niat dari pribadinya memperbaiki diri, belajar metode-metode tepat,belajar banyak ilmu. namun seorang guru bayar atau guru nyasar susah menjadi guru sadar manakala dia tidak keluar dari zonanya namun apabila dia terus berusaha dengan niat yang tulus lambat laun bisa menjadi guru sadar.


Pertanyaan 3
Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yang benar adalah pengetahuan adalah kekuatan saat diterapkan, nah bagaimana jika dikaitkan dengan MGM
Bu Iez Lumajang.

Jawab
Pengetahuan yang benar nyata manakala di aplikasikan, semua keilmuan memerlukan aksi agar sebuah keilmuan.Guru-guru hebatlah yang bisa menerapkan agar bermanfaat.


Pertanyaan 4
Assalaamu'alaikum pak Aris...saya guru SMA mapel fisika pak..saya pernah mencoba games supaya anak-anak tidak tegang terus tai anak-anak kok tidak suka ya pak? Bagaimana solusinya? Sri Indayani lamongan.

Jawab
perlu dipilihkan permainan yang cocok dengan kondisi dan usia mereka.


Pertanyaan 5
Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yang senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tetapi akhirnya karena ia sibuk membuat siswa berprestasi sang guru tidak dapat ikut lomba guru  berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetapi ia tidak mampu menjadikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?

Trims..Andy -Beltim, kep.babel

Jawab
Guru yang berprestasi itu bagus tetapi tidak bisa menjadikan muridnya berprestasi bisa jadi memahami keilmuan namun belum memahami cara menyampaikan.Guru yang tidak berprestasi menjadikan anak berprestasi itu hanya manajemen waktu  dia harus tahu prasarat guru berprestasi agar mampu menjadikan anak berprestasi.

Pertanyaan 6
Selamt malam pak Aris, kali ga salah dengar sepertinya label hampir sama dengan apresiasi ya,apa perbedaanya? Lusia

Jawab
Label adalah bagian dari Apresiasi,jadi diantara cara mengapresiasi adalah memberikan label pos.atau diantara lain adalh menghargai dengan segera ketika  proses berjalan tidak menunggu proses selesai. atau memberikan peluang kepda mrka menjadi duta sekolah.


Pertanyaan 7
Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas. Adakah tips jitu lainnya pak?.Ridwan Nurhadi

Jawab
Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. nah ini betul itu yang dinamakan persepsi.persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yg dibesrikan siswa/siswi kepada guru.dan itu akan memnjadi titik tular keyakinan atas bagai mana persepsi itu dibangunbagi seorang guru apakah itu gru yang menyenangkan, menarik atau menyebalkan, sehingga persepsi ini hrs dirubah degn kondisi guru sesungguh nys. klo persepsepnya sudah salah,buruk dan akhirnya terbukti maka hal ini akan menguatkan bahwa informasi dan hasutan dri temannya adalah informassi yg benar,tetapi sebaliknya jika kita bisa melakukan sebaliknya dati hasutan temannya, maka yg terjadi orang2 tersebut akan menganggap bahwa kita tidak seperti yg di hasutkan oleh temannya..
tetaplah berbuat baik, tetaplah optimis tetap melakukan pembelajaran yg menarik dan menyenangkan karena itu akan membangun persepsi siapa anda yang ebenarnya.

Pertanyaan 8
Assalamaualaiakum. Salam Hebat....Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta didik?  Secara teori memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam Supyanto Kota Bekasi.

Jawab
apa yg diyakini biasanya itu yg tersosialisasikan terjadi. bagaimana kesadaran kita menjadi guru sadar bukan guru nyasar atau guru bayar. pd prinsipnya anak jaman now berbeda dg jaman kita
makanya kita harus mengerti sebelum ini dimengerti. mampu mengubah di menjadi,me.sebelumnya ingin dihargai saatnya menghargai, ingin disenangi saatnya mendengarkan,ingin dilayani saatnya melayani. krna pda dsrnya sipat dasarmurid kita ingin menyukai guru yg menghargai mereka,menyenangi guru yg penyampaiannya menarik dan menyenangkan.ketika diterima maka apapun yang kita sampaikan akan diterima oleh murid kita. maka tidak ada istilah anak nakal atau anak bandel.yg ada adalah anak kurang mampu mendapatkan tali cinta sehingga tidak bisa menerima nasehat dri sekelilingnya dan dia mencobamencari perhatian dg cara yg berbuattidak baik karena cara itu dianggap paling mudah untuk mendapatkan perhatian dan bukan dg prestasi. mudah2an kita dpt membahasa lebih detail bagaimana mengelola emosi memperbesar kapasitas diri memberikan sentuhan emas yg sangat penting bagi para guru.



Peran Guru adalah sangat penting, jadilah seorang Guru yang menyenangkan, dirindukan, dicintai, menginsfirasi dan menjadi bagian sejarah bagi murid. 
Selamat berjuang, selamat menjadi bagian yang hebat atas masa depan murid murid hebat




Selamat Berprestasi
eti1972.blogspot.com/?m=1






























Komentar

Postingan populer dari blog ini