BIMBILON KOMUNIKASI ALA IBU MUDA


Resume Materi Kelas Menulis bersama Omjay 
oleh Eti Haryati, S.Pd

http://eti1972.blogspot.com/?m=1

                                                             
MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd
Malam ini saya bersyukur bisa mengikuti kuliah online dalam WG yang dipimpin Om Jay, meskipun diawal saya merasa agak kebingungan karena tidak bisa membuka chanel youtub dari Bu Muda panggilan dari ibu dosen yang mempunyai nama lengkap Mudafiatun, M,Pd. Beliau menjadi nara sumber malam ini, tetapi ditengah perkuliahan ibu kanjeng mewakili pertanyaan peserta yang kebetulan senasib dengan saya tidak bisa membuka materi, Setelah mendapat jawaban dari ibu Muda bahwa jika ada yang mengalami kendala, bisa langsung menghubungi beliau melalui nomor pribadinya.

Sayapun memberanikan diri untuk memberi tahu bahwa saya tidak bisa membuka materi, dengan ramah nya dia menjawab setiap pesan saya. Alangkah bahagianya saya malam ini mendapat motivasi yang luar biasa dari beliau, bahkan beliau siap membantu jika saya belum faham tentang materi malam ini.

Agar lebih mengenal Sosok Ramah beliau baiklah dibawah ini


DR (C) MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd
Dosen, Asesor PAUD nasional, masa studi S3 BK di Universitas Negeri Malang. Menempuh Magister Pendidikan PAUD di UNESA Surabaya dan Sarjana Pendidikan Agama Di Universitas Muhammadiyah Malang serta menempuh sarjana Pendidikan Bimbingan dan Konseling di IKIP PGRI Jember yang sampai sekarang mengabdi di sana. Perjalanan menjadi dosen ada peluang mendapatkan beasiswa BPPDN S3, diterima di Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Prodi Bimbingan dan Konseling. Mohon doanya Bulan September segera sidang doktor, aaminn
Lahir di Lumajang tepatnya berbarengan dengan lahirnya Ibu Kita Kartini, 21 April. Suami Sutrisno (PNS Guru SMATA Tempeh). Anak tiga. 1) Zada Wildaningrum Mustika Ratri (PNS Guru SMKN Pasirian), 2) Aji Mahsa Al Maukuf (Desainer Robotik UGM), 3) Clarissa Aydin Rahmazea (status siswa SMPN 1 SUT Lumajang kelas 8 G). Jangan lupa kunjungi home page saya di: http://www.ieiez.club/?m=1; FB Mudafiatun Isriyah; IG Ieiez. Chanel Youtube Ieiez Isriyah




 Prestasi yang pernah di raih selama menjadi guru, pernah diikuti, diantaranya :
  1. Juara 1 Lomba Buku Cerita Bergambar Kab. Lumajang tahun 2004
  2. Juara 4 Lomba Buku Cerita Bergambar Jatim tahun 2004
  3. Juara 1 Lomba Cipta Lagu Anak Kab. Lumajang tahun 2005
  4. 10 besar Lomba Cipta Lagu Anak Jawa Timur 2005
  5. Juara 1 lomba Cipta Tari Tradisional: Tari Glethak Kab. Lumajang 2006
  6. Juara 1 Lomba APE daur ulang guru beserta komite 2007
  7. Juara 1 Lomba guru berprestasi Kab. Lumajang 2010
  8. Juara 1 Lomba Kepala sekolah berprestasi Kab Lumajang 2011
  9. Penerimaan Penghargaan Gubernur dari prestasi Kepala Berprestasi Jawa Timur 2012
  10. Pemakalah pada beberapa Seminar baik secara Lokal, Nasional, maupun Internasiona

Beberapa karya yang pernah di tulis diantaranya:

  1. (Jurnal Nasional 2014) Pengaruh Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Terhadap Perilaku Agresif dan Empati Anak Usia Dini
  2. (Jurnal Nasional 2015) Pengembangan Model Buku Cerita Bergambar Untuk Melatih Bahasa Anak Usia Dini (Mendapat dana Hibah DIKTI tahun 2015) 
  3. (Buku) Peran Orang Tua dan Guru, Kolaborasi dalam Kegiatan Parenting (2016)
  4. (Jurnal Nasional 2017) Pengembangan Tari Glethak Untuk Meningkatkan Gerak Non Lokomotor Anak Usia Dini
  5. (Buku) Antologi Social Presence, Kunci Sukses Distance Learning (2020)
  6. (Buku) Trik Menulis Dikala Sibuk (2020)
  7. Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online, Dalam Konteks Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal, dan Impersonal (2020)
  8. (Jurnal Internasional, Scopus Q4) Online Guidance Study On The Enhancement Of Completeness In Completing The Final Duties Of Distance Students (2020)
Menulis itu mengasyikkan, kena magnet besar dari Omjay yang membahana maka beliau selalu rajin menulis di blog, tiada hari tanpa menulis,sehingga pada saat ada tantangan menulis dengan Prof  Eko, beliau memilih materi di blogger, mengintip ide dari sana, maka jadilah ide cerdas untuk mulai merancang tulisan, ditambah pencerahan materi dari Prof Eko membuat semakin bersemangat sehingga beliau dapat menyelesaiakan dalam waktu 7 hari.

Fungsi Social Presence

"Teknologi itu harus di tantang dan di lawan, jika tidak bisa terus bertanya dan terus belajar pasti nanti ada hasil, semangattg yakkk". kalimat itu yang membuat saya termotivasi oleh beliau.

Sangat akrab sekali beliau memberikan jawaban atas setiap kesulitan yang saya rasakan, bahkan tak ketinggalan beliau memberikan emotion-emotion yang menggembirakan sehingga saya larut dalam percakapan tengah malam, seakan saya sedang bertatap muka langsung dengan beliau. 

Karena sungkan takut menganggu istirahat, saya pamit dan memohon maaf, serta berterimakasih telah merespon saya, beliau pun menjawab dengan senang hati bahwa apa yang dilakukannya adalah salah satu fungsi dari Social Presence bahwa dalam transpormasi pada proses belajar online harus ada ineraksi lewat maya agar mencapai ketuntasan belajar. 

 kiat-kiat yang harus dilakukan agar kehadiran dan keaktifan siswa di kelas maya kita bisa 100 %?

Seorang harus memahami bahwa ada perbedaan belajar secara tatap muka dengan virtual, mereka butuh layanan secara online, mereka butuh adanya interaksi pada saat komunikasi mereka, dengan melakukan bimbingan online akan ditemukan kuncinya bahwa kesulitan yang umum sering ditemukan kalau didalam buku ada teks berbasis impersonal, maksudnya tidak tampak secara nyata, maka dibutuhkan bimbingan yang tahapannya dilakukan dengan beberapa tahap  yaitu melakukan 
  1. join together, 
  2. motivating, 
  3. building commitmens to implement, 
  4. observing dan evaluation
Tahap-tahapan ini dikupas tuntas dalam buku duet nya bersama Prof. Eko.



Dalam Social Presence bahasa nya bahasa maya, sehingga apa yang dilakukan harus dengan bahasa maya artinya bagaiman kita berusaha menyampaikan informasi secara maya, dalam social presence ada alat atau media sebagai alat interaksi misalnya dengan emotion, dan dalam social presence makna kehadirannya sangat tinggi,maksudnya emoticon sudah menjawab maksud kita menyampaikan informasi.

Ketika menggunakan pendekatan dengan siswa saat belajar virtual, guru harus banyak melakukan inovasi,seperti yang dibuat beliau dengan cepat saat perkenalan di awal materi.

Demikian juga halnya dengan siswa,  kita harus berinovasi agar anak terasa dekat dengan kita sehingga mereka akan senang dengan kehadiran kita.


Bimbingan Online tidak harus menunggu saat siswa memiliki masalah, karena sistem informasi bimbingan online merupakan produk yang utilitas dan efisiensinya bisa dipergunakan bagi siswa setiap saat. fungsinya menyokong diberikannya layanan proses bimbingan dan penyebaran informasi yang sangat dibutuhkan oleh siswa.

Bimbingan online secara profesional akan menjadikan suatu kesatuan yang terjntegrasi dengan perkembangan kognitif siswa sehingga siswa yang sering tersentuh melalui bimbingan, dia akan berkembang sosial kognitif nya, dalam teori dikenal dengan istilah kognitif behavioral, jadi perilaku siswa akan menjadi individu yang mampu mandiri belajar sendiri tanpa ada paksaan dari manapun apalagi belajar yang disuruh.

Jadi pengertian social presence adalah mewakili kehadiran kita, ada komunikasi untuk mengetahui kalau kita hadir, ada dan nyata, tidak remang-remang, sehingga ada dengan tegas yaitu ditunjukkan dengan kehadiran di dunia maya, misalnya menyapa, memberi salam, apalagi ada diskusi sudah terjadi interaksi di situ, nah social presence ini sangat di butuhkan saat kita ada dunia maya.

Manfaat social presence ini karena ada interaksi maka ada komunikasi kemudian dalam komunikasi ada sikap-sikap yang baik buruk, ini nantinya akan menentukan sikap dan perilaku siswa, sehengga muncul nilai ikatan hubungan timbal balik dan tujuannya adalah meningkatkan pemahaman apa yang akan kita sampaikan kepada siswa, juga siswa akan memahami apa yang harus siswa kerjakan, sehingga keduanya saling mengetahui dan memahami maka dengan demikian akan tercapai ketuntasan kompetensi ataau ketuntasan belajar.

Dalam kondisi Pandemi dimana pendidikan daring diharapkan menjadi solusi, ketika tidak semua daerah bisa dijangkau dengan internet dan pendidikan daring bisa dilakukan, sebagai guru jika ingin menyampaikan secara virtual bisa dilakukan secara offline. misalnya dengan menyiapkan di tayangan youtube sehingga bisa dilihat kapan saja, jika dibeberapa  daerah butuh sinyal kuat karena youtube nya size besar, maka siapkan dalam bentuk MP4. Jika masih belum bisa juga siapkan dalam bentuk PPT, kalau PPT hanya butuh sinyal wa saja.

Teknik untuk bisa menulis buku dalam waktu satu minggu

Teknik Ibu Muda menyiapkan diri untuk bisa menulis buku dalam waktu satu minggu dengan menuliskan saja apa yang ada di depan mata kita meski tanpa ide sekalipun, itu nantinya akan merangsang otak kita nalar,disitulah Ide cerdas akan muncul

Bacalah buku yang sesuai dengan apa yang saat ini dibutuhkan. Misalnya ingin menulis sikap-sikap sosial yang terjadi di dunia maya, maka apa yang dicari akan beliau baca bukunya, cari di mbah google,kemudian rangkaikan kata dari ide ingin menulis dengan mbah google.Tulis segera di blogger, nah sudah jadi satu ide tulisan. teknik yang beliau lakukan adalah:

  1. Hari Pertama menulis apa 5W+1H dari social presence hubungkan dengan bimbingan online
  2. Hari kedua bagaimana rona-rona social presence
  3. Hari ketjga bagamana fungsi bimbimbingan onljne
  4. Hari keempat hubungkan keduanya antara social presence dengan bimbingan online
  5. Hari kelima bagaimaana jika dihubungkan dengan kurikulum. jadi harus mengacu pada kurikulum
  6. Hari keenam bagamana hubungan keduanya antara social presence dengan bimb online dalam kurikulum
  7. Hari ketujuh adalah bagaimana jiika di implementasikan pada murid kita
  8. Hari kedelapan sudah manjada buku bahkan langsung prof. eko ACC dan tersenyum lebarrrr

Dalam belajar virtual baik dari tingkat paud - PT sejatinya sama,bagaimana pinter-pintar memanfaatkan aplikasi yang sudah beredar.
Untuk siswa SMP...menginjak remaja biasanya lebih baik aplikasi yang bisa bergerak, menulis dan mendengarkan, misalnya saperti yang beliau buat di video tersebut, beliau menggunakan aplikasi Camtasia, bisa dibuat belajar matematika langsung corat coret, tampak video sekaligus suara, dan masih banyak lagi, untuk urusan tekhnologi bidang omjay sama prof. eko ahlinya.

Social presence itu memang menggunakan belajar daring, semua dilakukan secara online, di web yang beliau buat ada aplikasi chat life, teleconference agar ada layanan chat langsung yang dibutuhkan oleh siswa, itu bisa privasi bisa buat publik, jadi terserah siswa memilih layanan pribadi (seperti yang dilakukan beliau), atau layanan kelompok. Jadi bisa dinikmati oleh semua.


Semoga bermanfaat
Salam Literasi
Semangatttt







Komentar

  1. Kreenn mbak semngat mantap dehh menginspirasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu Nurhabibah..masih harus banyak belajar bu

      Hapus
  2. Semangat juga. Lengkap sekali resumenya. Bagus bu. Oya, mari brkunjung pula di blog saya. yantiyunia.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Semangat juga. Lengkap sekali resumenya. Bagus bu. Oya, mari brkunjung pula di blog saya. yantiyunia.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu yanti,insha Allah mampir hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini